Sabtu, 11 September 2010

UMROH RAMADHAN BERPAHALA HAJI

Tren saat ini menunjukkan banyak umat Islam Indonesia yang melaksanakan umrah di bulan Ramdhan, baik di awal, di tengah atau di akhir Ramadhan. Bahkan beberapa travel menyediakan paket umrah full Ramadhan. Apa sih keistimewaan umrah di bulan Ramadhan..??

Banyak yang menyakini bahwa umrah Ramadhan memiliki pahala yang sama dengan haji. Benarkah seperti itu..?? Prof. Dr. KH Didin Hafiudin, MS mengiyakan hal tersebut. KH Didin menukil sebuah hadist bahwa Rasulloh bersabda, "Barang siapa yang melaksanakan umroh di bulan Ramadhan nilainya sama dengan pergi haji bersamaku." Hadist tersebut menguatkan keutamaan umrah di bulan Ramadhan. "Orang yang berumroh di bulan Ramadhan, pahalanya sama dengan haji bersama Rasulloh SAW," jelas KH Didin. Umroh Ramadhan juga memberikan kenikmatan spiritual tersendiri. KH Didin menggambarkan pengalaman spiritual saat sholat tarawih di Masjidil Haram & Masjid Nabawi tentu berbeda dengan di masjid lain. "Tarawihnya saja 20 rokaat, belum tahajudnya delapat rakaat dan witir pun dilakukan dengan berjamaah. Subhanallah, rasanya tak terlukiskan," tambah Guru Besar IPB dan Ketua Umum BAZNAS tersebut.

Ketua MUI Pusat, Amidhan pun menyepakati itu. Ia menjelaskan selama umrah Ramadhan, jemaah akan fokus beribadah. Disana jamaah akan berebut kebaikan, ibadah sunah dan sedekah pun tidak mau dilewatkan. "Ibadah ritual dan ibadah sosial itu harus sama-sama diutamakan. Apalagi bisa umrah tentu sangat luar biasa," katanya.

Keistimewaan umrah Ramdhan juga diakui oleh Ustadz Yusuf Mansyur. "Bulan Ramadhan sangat istimewa. Setiap ibadah dilipatgandakan," katanya. Umrah Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memohon ampunan kepada Alloh SWT. Di bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadar yang pahala pada malam Lailatul Qadar lebih baik dari ibadah 1.000 bulan. Subhanallah. Apalagi jika dilakukan di tanah suci. "Jelas merupakan pelipatgandaan pahal yang luar biasa," jelasnya. Bisa dihitung, di Masjid Nabawi setiap sholat kita dilipatkan menjadi 1.000 kali lipat dari masjid lain. Bahkan di Masjidil Haram dilipatkan menjadi 100 ribu kali lipat. "Sedangkan di bulan Ramadhan, pahala ibadah juga dilipatgandakan lagi. Bayangkan, 100.000 dikalikan berkali-kali lipat. Hasilnya tak terhingga," sambung Ustadz Yusuf Mansyur.

Subhanallah, itulah pahala umrah Ramadhan. Sungguh sangat rugi jika kita mampu baik biaya dan kesempatan tapi tidak umrah Ramadhan. Segeralah rencanakan kapan kita akan berangkat umrah Ramadhan. Jika niat sudah diputuskan, Insya Alloh jalan akan dilapangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar